mengikuti improvement/upgrading software/system per 02-Januari-2016 situs mayapadarefill.com berganti menjadi counter-pulsa.com

Bagi konter pulsa seringkali mendapati pembeli token PLN prabayar yang menanyakan tentang berapa kWh yang akan didapat jika membeli token 20.000 atau 100.000 atau 200.000 dst. dan bagi konter pulsa sendiri biasanya baru bisa menjawab setelah dilakukan order dan setelah mendapatkan reply dari supplier.

Sebenarnya bagaimana cara menghitung kWh yang didapat oleh pembeli untuk setiap nominal atau token? Dan lebih murah mana antara PLN prabayar dibandingkan pasca bayar? kita mulai dulu dari cara menghitung kWh yang didapat dari setiap pembelian token PLN prabayar.

Tabel Tarif Dasar Listrik berdasarkan :
PERATURAN MENTERI ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL NOMOR 07 TAHUN 2010

Tabel Rp per KWh PLN Prabayar

Rumus :

((Nominal – Adm Bank) – PPJ )  / Biaya Per KWh

Keterangan :

Adm Bank = Rp 1.600,-
PPJ (Pajak Penerangan Jalan) untuk setiap daerah bervariatif dengan jumlah maksimal 10% dari biaya nominal. Anggap saja untuk Kabupaten 3% dan Kotamadya 6% (Persentase PPJ diambil setelah Nominal – Biaya Adm Bank)

Contoh Kasus :

Pembelian Token PLN Rp 20.000,- Golongan Daya R1 1300 Watt daerah Kabupaten Karawang

Perhitungan :

Adm Bank = Rp 1.600,-
PPJ 3%
Biaya per KWh : Rp 790

Maka KWh yang didapat :
= ((20.0001.600) – 3% ) / 790
= ((18.400) – 552) / 790
= 17.848 / 790
= 22,59 KWh

pertanyaan berikutnya adalah, lebih murah mana, Listrik PraBayar ataukah Pasca Bayar?

Prabayar VS Pasca Bayar

Lihat Tarif Dasar Listrik/ TDL Rumah Tangga 2010 sesuai ketentuan PLN

Jika dibandingkan antara listrik prabayar dan listrik pasca bayar, ternyata harga rupiah per kWh tidak berbeda (kecuali untuk daya 450VA dan 900VA, karena PLN telah menetukan TDL/ Tarif Dasar Listrik (Bahkan harga per kWh listrik prabayar lebih murah sedikiiiit).

Tetapi dengan menggunakan listrik prabayar anda tidak perlu membayar biaya beban serta keuntungan lain sbb:

Keuntungan Kelebihan Listrik Prabayar PLN

  • Tidak ada pencatatan meter.
  • Tidak ada sangsi pemutusan.
  • Tidak dikenakan denda keterlambatan.
  • Tanpa Uang Jaminan Pelanggan.
  • Tanpa dikenakan biaya beban bulanan.
  • Kemudahan pembelian Token Listrik Prabayar.
  • Mengendalikan sendiri pemakaian.
  • Pembelian disesuaikan kemampuan.
  • Privasi tidak terganggu.
  • Mudah memantau pemakaian listrik setiap saat.
  • Disiplin menggunakan listrik sesuai anggaran belanja.
 Posted on : November 10, 2012

26 Responses to “Cara Hitung KWh PLN Prabayar”
Read them below or add one

  1. kalo misalnya mau balik ke listrik pasca bayar lagi bisa apa tidak… awalnya pake yg pasca trs ganti ke pra.. skrg mau ganti lg ke pasca apa bisa? mohon info

  2. saya pengguna pln prabayar, hampir 2 bln sekali ko tambah sedikit aja kwh yg sy dpt, beli 300 ribu cuma dpt 201 kwh, pln ko sering bgt naikinnya?

  3. saya pengguna listrik pascabayar, dengan kwh R1 2200 untuk rumah tangga,, tagihan pln sayta tiap bulan membengkak,, dari awal pasang dulu hanya 100 rb sdh 2 tahun skrg 550 rbu.. dan herannya terus membengkak tiap bulan,, padahal pemakaian sama,, yg ingin saya tannyakan berapakah beban yg harus dibayar untuk KWH R1 2200 rumah tangga,, mks

  4. Downline saya melakukan transaksi pln100 untuk daya 2200v yg di dapat 75,0 kwh. Harga yg kami liat ditabel Rp 1004/kwh kalo dikali 75,0 kwh = 75300 + adm bank 1600 + ppj 3% = 79.900, pertanyaanya saldo yang terpotong 98.800, mohon dicek kembali bos

  5. Tolong dihitung untuk pln100 daya 2200v brapa kwh yang di dapat

  6. Beli pulsa listrik 100rb. Dpt 74kwh.. kami tinggal di kab klaten jateng.. listrik 1300.. sesuao tarif ug sekarang apa gak..??

  7. Tolong dibantu, bagai mana cara mengetahui pemakaian listrik 2 bulan terakhir jumlah KWH dan biaya keluar. Apakah ada websitenya untuk melihat pemakaian kita?

  8. saya beli pulsa listrik 150000 dapatnya 140 kwh apa betul

  9. ari jaya mulya says :

    Saya minta data kalo mau pasang baru kwh yg 450 dn tambah daya 450 jdi 900 brapa…

  10. Wah ini nih yang sy cari.. btw tarif harga bulan januari 2014 berapa ya?

  11. caranya print struk PLN prabayar gmn? kok di preview tidak bisa download

  12. Hari winoto says :

    AKU INGIN JDI AGEN PI KIRA2 GEDE GK YA UTUNGNY.

  13. untuk mengetahui perkiraan pembayaran 1 bulan dg daya 2200va…
    rumusnya gmn yaa????

  14. berapa keuntungan dalam sekali transaksi penjualan pulsa listrik

    1. Keuntungannya kecil klo PLN bos, Keuntungan hanya dari biaya admin, tidak melihat nominalnya. Bos pilih harga dari kita yang paling murah. Kode PLN yang kita rekomendasikan. Misal PLN20 Harga dari sini 17.950 Harga Jual 20.000 Bos dapat margin 2050 setiap TRX.

  15. tolong dibantu donk…

    saya baru pasang listrik prabayar R1 1300, saat saya isi pulsa di agen pulsa dengan nilai nominal 50.000, kok cuma dapet 47.7 kwh ya? apakah ada yang salah ya? kalau memang benar seperti itu bagaimana perhitungannya.

    terimakasih.

    1. Ngga ada yang salah koq bos… Cara hitungnya ya seperti di atas itu. Admin Bank juga pengaruh. Bos bisa tanyakan sama yang jual adminnya berapa. Di Oktober ini malah per kwhnya udah ada perubahan lagi, kenaikan terakhir (ke-4) ditahun 2013 ini. Lengkapnya bos silahkan cek di sini Tarif PLN 2013
      Semoga membantu

  16. ERIE SUMANTRI says :

    saya pengguna KWH Pra-bayar. yang saya mau tanyakan:
    Apakah penaikan daya dari 900 ke 1300 dikenakan biaya lagi (klo kena apa penjelasannya & alasannya)? apakah hitungan pemakaian daya nya sama dengan KWH Pasca-bayar ?
    terima kasih. mohon pencerahannya.

  17. saya juga pengguna listrik prabayar,saya rasa lebih mudah dibandingkan dengan listrik pasca bayar,karna ga perlu bayar denda ketrlambatan,dan juga biaya beban

  18. muhammad nathan says :

    saya pengguna listrik PLN Pascabayar 2200 VA. Berapa biayanya jika saya ingin beralih ke penggunaan listrik Prabayar?

  19. Harga pasang awal kita harus ngereferr harga yang terjadi di lapangan dan belum tentu sama dengan daerah lain (itulah hebatnya Indonesia :D).
    Klo pulsa hampir disemua layanan saya kira sama, jika terjadi Downgrade atau Upgrade. Kondisi sebelumnya biasanya akan hilang otomatis, karena perlakukan hitungannya antar Paket pun berbeda.
    Semoga membantu…

  20. To : jimmy

    Jika tarif R1/450 maka perhitungan kwh yg didapat adalah
    Adm bank : Rp. 1600
    PPJ : 3 %
    Token 20.000
    Kwh = [ ( 20.000 – 1600 ) – 3% ] / 415
    = [ 19.400 – 1552 ] / 415
    = 43 kwh
    Jadi jumlah kwh yg didapat utk tarif R1/450 dengan token 20.000 adalah 43 kwh.

  21. tq. tp tuk gabung ke agen pulsa harga mahal n bila trx secara tdk langsung q sih berat klo lum kenal. good luck

  22. bisa lebih rinci lagi misalnya token PLN20 untuk tarif RI1 450 watt brapa kwh yang di dapatkan?

    1. Tolong dihitung untuk pln100 daya 2200v brapa kwh yang di dapat

  23. saya pengguna listrik prabayar.pertanyaan saya, awalnya 900watt, saya isi 200rb,pakai 2 hari niat tambah daya 2200watt ke petugas pln, setelah di kasi tau harga nya 1,3 juta.saya ok. apakah harga nya memang segitu? kemudian pulsa saya yg saya isi 200rb hilang secara otomatis. apa memang gitu mekanisme nya,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

*

Untuk Format INFO/KOMPLEN, TIKET, DEP Manual, TRX MULTI Mohon tidak menggunakan jalur BBM, karena saat INFO/KOMPLEN terjawab atau SALDO DEPOSIT masuk, System tidak dapat mereply ke BBM Anda. Terima kasih.

Tweet oleh @CounterPulsaCom

------->>> Server response to open this page is 0,631 seconds. <<<-------

↓